Apakah Wota dan JKT48 Fans itu Sama??

by Taufiq Islam on 10:35 AM, 14-Apr-13

Apa Arti Wota?
banyak orang yang ga tau nganggep
Wota itu nama Fans JKT48. Wota
itu sebenernya asal katanya dari
Otaku(オタク),dulu itu
konotasi-nya negatif, sering di
gambarkan sebagai orang anti-
sosial yang ga pernah keluar
rumah, tapi seiring waktu konotasi
nya berubah dan Otaku ditulis
sebagai wotaku(ヲタク)
(dibaca “Ootaku”) untuk
membedakan dari konotasi Otaku
yang dulu. Wotaku(ヲタク)
juga bisa disebut wota(ヲ
タ)(dibaca “Oota). Definisi
Otaku adalah “orang yang punya
dedikasi tinggi terhadap hobby-
nya”.
Otaku adalah subculture yang
umumnya mengarah pada
penggemar anime dan manga
(kayak gua gini maksudnya), ttapi
wota juga banyak macemnya
contohnya Seiyuu (voice actress)
wota, Idol wota, Maid wota, Train
wota (kalodi indonesia itu yang
railfan gitu), Figure wota, Anime
wota, dll. Nah terus muncul nama
lain dari nama-nama wota
tersebut. Contohnya: Anime wota
-> Aniwota, Maid wota ->
Maidsuki. Nah ga tau kenapa yang
otaku idol ini berubah jadi wota,
sebutan istilah WOTA ga cuman
buat AKB48 tapi juga grup lain di
jepang kayak Hey Say Jump ,
EXILE , Morning Musume , Duo Pink
Lady dsb.
Trus Wota itu apa?
Wota itu adalah orang-orang yang
mempunyai dedikasi tinggi untuk
mendukung dan mengikuti
perkembangan idol-idol mereka.
Antusiasme dan obsesi yang
mereka punya lebih tinggi dari
fans.
ada wota yang buat kue ulang
tahun untuk ultah Idolnya dan
merayakannya sendiri. Meluk
guling gambar oshi-nya sampe ga
mau lepas. Dekorasi nuansa Idol di
mobil ataupun kamar juga bisa
digunakan sebagai contoh. Koleksi
barang-barang yang berbau Idol
juga bukan hal yang jarang.
Lalu gimana caranya tau saya
seorang Wota?
Karena wota ini sifatnya kultural
susah untuk bisa kasih klasifikasi
yang akurat. Jadi yang bisa
menentukan seseorang itu wota
atau nggak hanya diri sendiri.
Jangan percaya penilaian orang
lain dan juga jangan menilai orang
lain. Yang tau seberapa besar
dukungan seseorang terhadap si
Idol hanya orang itu sendiri. Kalau
memang perasaan itu sudah masuk
dalam tingkat wota maka orang itu
seorang wota.
Pada dasarnya Fans atau Wota
tujuannya sama, menSupport Idola
kita, jadi Jangan berhenti dukung
grup Idol yang kalian suka.
Walaupun ada wota bukan berarti
pendukung suatu grup idol itu
100% wota. Sebagai sesama
penggemar kita harus co-exist
dan saling menghormati.
Terus Nama fans JKT48 apa?
Untuk grup idol, pada umumnya ga
ada nama khusus untuk fans. Fans
ya ‘fans’. Karena itu fans
JKT48 ya disebut ‘fans’. Wota
pun kalau diartikan secara dasar
ya ‘fans’ juga.
Oke Lanjut ke ni WOTAGEI
adalah....
WOTAGEI adalah sorakan atau
gerakan yang "Khas" dari Fans Idol
grup spas mereka tampil.
MIX
Mix itu bagian dari WOTAGEI,
sorakan atau gerakan yang
dilakukanpas saat tertentu. MIX ga
cuma ada pada AKB48 bahkan MIX
sudah dikenal sejak pertengahan
tahun 90.
Apa arti OSHIMEN?
Arti OSHIMEN adalah member yang
kita dukung, Kata OSHIMEN juga
gabungan dari 2 kata, OSHI dan
MEN Oshi artinya : didukung dan
Men adalah singkatan dari MENBA,
menba itu ya
member,hahaha.MENBA artinya
Member (dalam bahasa inggris)
atau anggota (dalam bahasa
indonesia).
OSHIHEN
Oshihen adalah suatu SIKON
(situasi dan kondisi) dimana
seseorang ganti oshimen. hal ini
dianggap kurang sopan oleh
oshimenyang dtinggalin, sedihnya~
SENBATSU
senbatsu adalah Penyanyi Utama
yang menyanyikan lagu lagu UTAMA
(di AKB48 disebut lagu sisi A)
SENBATSU SOUSENKYO
artinya adalah Pemilihan Penyanyi
Utama (Senbatsu) yang digelar oleh
AKB48 mulai tahun 2009 dan
secara rutin satu tahun sekali
biasanya dengan cara Voting dari
penggemarnya. caranya penggemar
di berikan tiket untuk memberikan
voting biasanya di dapatkan dari
single sebelumnya
JANKEN SENBATSU
artinya Pemilihan Penyanyi utama
dengan cara melakukan Kompetisi
JANKENPON (suit Jepang)
UNDER GIRLS
under girls adalah member yang
poin votingnya di bawah senbatsu
biasanya antara 20-40 dan
mereka yang akan menyanyi di lagu
sisi B
KAMI 7
dalam AKB48 ada 7 member yang
popularitas nya tidak pernah goyah
dalam SENBATSU SOUSENKYO
Mereka Adalah Atsuko Maeda ,
Yuko Oshima , Mariko Shinoda ,
Mayu Watanabe(ah mayuyu chan!!!) ,
Haruna Kojima (harunyan~~~) ,
Minami Takahashi ,Tomomi Itano.
tapi pada SENBATSU SOUSENKYO
ke - 3 ada satu nama yang
merusak tradis 7 Besar tersebut
yaitu Yuki Kashiwagi (buat
penggemarnya Yuki Jangan
tersinggung ^_^)
KENKYUUSEI
Research Student atau bisa
dibilang tim cadangan mereka
adalah trainee di AKB48 sekarang
banyak Fans yang OSHIHEN ke para
kenkyuusei jika para senior
mereka telah graduate AKB48
tidak mengadakan audisi lagi tetapi
mengganti senior mereka dengan
member dari tim cadangan atau
kenkyuuse.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

No comments yet. Why not make the first one!

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images